3 Plugin CRM WordPress Terbaik

3 Plugin CRM WordPress Terbaik campaign-unlimited

Tidak bisa dipungkiri peran website dalam kegiatan bisnis cukup penting pada saat ini. Sudah banyak berbagai macam bisnis yang mengembangkan bisnis mereka ke arah online. CMS (Content Marketing System) WordPress merupakan salah satu andalan  saat ini untuk memudahkan bisnis online mereka.

Dan plugin CRM merupakan salah satu yang paling penting dalam kegiatan bisnis ini. Oleh karena itu di artikel ini kami akan membahas plugin CRM WordPress terbaik yang bisa memudahkan bisnismu.

Namun sebelum membahas hal tersebut, akan lebih baik jika kita memahami terlebih dahulu apa itu CRM

Apa itu CRM?

CRM atau Customer Relationship Management adalah sistem yang digunakan oleh bisnis untuk mengelola interaksi dan data pelanggan untuk meningkatkan layanan pelanggan.

Tools CRM memiliki banyak tipe. Namun pada umumnya fungsi CRM yang sangat dibutuhkan di dalam dunia bisnis. Sebagai contoh, salah satu fungsi CRM adalah memungkinkanmu untuk menyimpan data pelanggan, mengatur dan mengelolanya, serta melihat kembali informasi tersebut seseuai kebutuhan.

Plugin CRM WordPress Terbaik

Contoh di atas merupakan fitur dasar yang dimiliki setiap CRM. Kini sebagian besar tools tersebut menyertakan beragam fungsi CRM yang dapat memudahkan pengguna, seperti :

  • Menggolongkan calon pelanggan dan pelanggan lama. Dengan menggunakan CRM, kamu bisa memfilter calon pelanggan dan pelanggan baru sehingga target yang telah ditetapkan bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan efisien.
  • Menyimpan informasi kontak. Menyimpan informasi kontak dari setiap pelanggan merupakan langkah penting untuk kesuksesan bisnis.
  • Mengelola accounting. Sebagian CRM memudahkanmu dalam menyimpan informasi pendapatan, pengeluaran, hingga invoice pelanggan.
  • Menghitung key analytics. Dengan memilih dan menggunakan CRM WordPress yang tepat, kamu bisa memonitor perkembangan bisnis dan menganalisis perilaku pelanggan.

Baca Juga: Cara Analisa Performa Digital Marketing

Sekarang sudah banyak bisnis dan perusahaan yang menginvestasikan uangnya di platform CRM agar usaha mereka bisa berjalan sukses dan semakin kuat serta berkembang. Hal ini membuktikan betapa pentingnya plugin CRM bagi bisnis mereka.

Selain itu, CRM juga hanya terdiri atas satu tab. Bagi perusahaan yang menaungi berbagai macam bisnis, CRM adalah solusi paling jitu, simple dan efisien

Namun yang cukup disayangkan, harga CRM cukup mahal karena software ini memang menargetkan bisnis berskala besar dan menyediakan berbagai fitur. Karena itulah, mau tak mau kamu harus lebih kreatif jika ingin memiiki dan mengaktifkan CRM tanpa ‘menghabiskan uang dalam jumlah banyak’.

Contohnya, WordPress tidak menyediakan fungsi CRM, tapi kamu bisa saja mengaktifkannya dengan menggunakan plugin yang tepat. Langkah ini bisa menghemat waktu dan juga uang.

Sebelum membahas plugin WordPress CRM, kamu bisa mempertimbangkan, apakah perlu menggunakan plugin CRM. Contohnya, jika kamu harus menangani berbagai klien, artinya kamu butuh tools CRM seperti GrowingMail.

Sebaliknya, apabila bisnismu termasuk bisnis kecil dan hanya menangani pelanggan dengan jumlah sedikit, penggunaan software CRM bisa ditunda dulu.

Sebenarnya, tidak menjadi masalah jika kamu hendak menggunakan CRM dari awal sejak website online, selama memiliki modal yang cukup. Namun dengan adanya CRM, kamu akan mampu mengatur berbagai hal sehingga bisnis dapat lebih berkembang.

Nah setelah memahami apa itu CRM dan kegunaanya, Berikut 8 Plugin CRM WordPress terbaik yang bisa kamu gunakan!

3 Plugin CRM WordPress Terbaik Untuk Manajemen Bisnis

Plugin CRM WordPress Terbaik

1. WP ERP

Plugin CRM WordPress Terbaik yang pertama adalah WP ERP. Bahkan software ini merupakan satu dari sekian banyak plugin yang menawarkan sistem CRM ‘full-fledged’ atau yang sepenuhnya telah dikembangkan. Sistem seperti ini termasuk fitur CRM, opsi manajemen sumber daya manusia, dan fungsionalitas accounting.

Dengan kata lain, plugin ini memudahkanmu dalam mengelola customer dan karyawan serta menyimpan informasi ke mana uang dikirimkan dan dari mana uang tersebut berasal. Meskipun ada banyak single plugin yang bisa dipilih, WP ERP tetap menjadi solusi terbaik.

Satu kekurangan fungsi CRM tools yang satu ini adalah tidak adanya software interface yang canggih, seperti yang ditawarkan oleh platform CRM lainnya. Hanya saja, plugin ini terlalu bagus, bahkan untuk versi gratisnya. Bila masih kurang, kamu juga bisa memanfaatkan ekstensi berbayar jika ingin mengembangkan WordPress CRM, walaupun jumlah fitur yang disediakan secara standar untuk bisnis kecil saja sudah termasuk banyak.

Fitur Unggulan:

  • Manajemen customer relation dengan mudah dari dashboard WordPress.
  • Melacak dan menyimpan file dan informasi karyawan.
  • Melacak pendapatan yang masuk dan keluar.
  • Menyediakan 44 pilihan mata uang untuk menganalisia pendapatan bisnismu.
  • Mengelola berbagai jenis bisnis melalui satu dashboard.

Sebelum menginstall plugin CRM, pelajari cara memasang plugin WordPress dulu, ya!

2. Zero BS WordPress CRM

Selain memiliki nama yang menarik karena BS adalah akronim dari “Bullsh*t”, plugin WordPress CRM ini juga menawarkan berbagai fitur canggih. Seperti namanya, Zero BS WordPress CRM sangat mudah diinstall dan sesuai baik untuk bisnis berskala kecil ataupun besar.

Melaui plugin ini, kamu bisa menyimpan semua informasi pelanggan, seperti informasi lokasi dan kontak, di dalam WordPress. Bahkan kamu juga bisa menambahkan catatan pribadi untuk setiap pelanggan. Satu hal yang membuat plugin ini terlihat unik dan berbeda adalah ketika kamu menggunakannya untuk accounting.

Zero BS WordPress CRM juga memungkinkanmu untuk mengecek pendapatan kotor dan bersih, melacak diskon, memonitor invoice yang belum dibayar, dan masih banyak lagi. Secara keseluruhan, Zero BS WordPress CRM adalah solusi yang sangat tepat jika kamu ingin mengecek apa pun yang beurusan dengan angka.

Fitur Unggulan:

  • Menyimpan informasi pelanggan dengan memakai formulir sederhana.
  • Melacak alur pengeluaran dan pemasukan bisnismu, yang kemudian dibagi ke dalam macam-macam kategori.
  • Mengecek invoice yang belum dibayar.
  • Memonitor berapa banyak uang yang diperoleh dari setiap pelanggan.

3. Woocomerce CRM

Selain WooCommerce, agar toko online bisa berkembang pesat dan signifikan, maka tak ada salahnya jika kamu menginstall dan mengaktifkan CRM. Karena setiap bulannya, sebagai pengguna, kameu bisa saja menangani puluhan, ratusan, bahkan ribuan penjualan.

WooCommerce Customer Relationship Manager menyediakan customer-specific metrics. Melalui fitur ini, kamu bisa melihat siapa saja pelangan terbaik atau yang loyal. Selain memudahkanmu dalam menghubungi setiap pelanggan, software ini juga memungkinkanmu jika ingin memberi tugas atau task pada karyawan untuk melakukan customer outreach melalui plugin.

CRM

Selain itu plugin satu ini memiliki kemudahan dalam menambahkan custom field ke database pelanggan. Dengan demikian, kamu bisa memilih informasi seperti apa yang ingin disimpan, berdasarkan pada tipe produk dijual.

Fitur Unggulan:

  • Menyediakan metrics tingkat lanjut untuk setiap pelanggan.
  • Memungkinkan pemilik bisnis untuk memberi tugas pada karyawan atau orang lain agar bisa follow up calon klien atau bisnis yang berpotensi.
  • Menambahkan custom field ke file pelanggan

Nah itu dia 3 plugin CRM WordPress terbaik yang bisa digunakan untuk memudahkan bisnismu.

Taufiq Prasetya Pradana

Member since 6 Sep 2019