3 Langkah Sukses Bangun Bisnis Berbasis Online Marketing
Blog Bisnis Online 3 Langkah Sukses Bangun Bisnis Berbasis Online Marketing

3 Langkah Sukses Bangun Bisnis Berbasis Online Marketing

Di era serba digital saat ini memungkinkan orang mencari dan menemukan segala informasi yang dibutuhkan dengan mudah dan cepat dengan memanfaatkan internet. Online marketing ini dengan mudah dilakukan dengan berbagai media dan juga internet yang semakin mudah dan murah. Untuk menjalankan sebuah bisnis kini tidak lagi serepot dulu karena sudah dibantu oleh perkembangan teknologi berupa internet tersebut. Dari aspek bisnis pun untuk menjalankan online marketing jauh lebih mudah dibandingkan dilakukan secara konvensional (offline).

Mungkin tidak banyak yang paham dengan teknik ini. Namun, bila Anda sudah paham dengan cara mainnya, jangankan keuntungan seratus ribu, keuntungan sampai nominal milyar pun bisa Anda dapatkan. Seperti beberapa langkah yang bisa Anda terapkan dibawah ini.Yuk, simak!

3 Cara Jalankan Marketing Online Bagi Pemula

3 Cara Jalankan Online Marketing Bagi Pemula

Sebelum menerapkan marketing yang bisa dilakukan secara online. Ada baiknya bila Anda pahami dulu apa itu bisnis atau online marketing. Dengan mengetahui dan memahami pengertiannya maka Anda tidak perlu lagi pusing dengan langkah yang harus dilakukan.

Pengertian Pemasaran Online

Pengertian Online Marketing (Pemasaran Online)

Online marketing atau pemasaran online adalah sistem pemasaran produk yang memanfaatkan dan mengandalkan teknologi berupa teknologi digital berikut dengan jaringan internet secara tepat waktu, pribadi, dan relevan. Dengan tujuan langkah yang diambil mampu menjangkau calon konsumen lebih banyak dibandingkan dengan pemasaran offline. Sehingga produk yang nantinya akan dipasarkan menjadi lebih dikenal dan menjaring calon konsumen lebih banyak lagi bahkan lebih potensial.

Bila Anda ingin menerapkan atau pindah haluan untuk melakukan online marketing ini, maka Anda tidak akan rugi. Karena akan ada beberapa keuntungan yang bisa Anda peroleh, diantaranya adalah:

  • Biaya yang dibutuhkan untuk melakukan online marketing¬†ini jauh lebih terjangkau, bila dibandingkan dengan pemasaran yang dilakukan secara offline.Karena Anda tidak perlu lagi repot untuk mencetak dan menyebarkan media promosi di beberapa titik. Dengan tujuan produk atau brand yang Anda jual dikenal banyak orang.
  • Sistem pada online marketing ini jauh lebih efektif, bila dibandingkan dengan marketing konvensional. Hal tersebut bisa dibuktikan pada catatan pendapatan yang sudah banyak dilakukan oleh pelaku usaha. Yang mana keuntungan yang bisa mereka dapatkan mampu mencapai angka 2,8 persen lebih banyak dibandingkan saat melakukan marketing konvensional.
  • Efektivitas kegiatan pemasaran dapat dilakukan dan dievaluasi dengan mudah. Karena Anda dapat menerima data yang lebih spesifik mengenai jumlah pengunjung yang datang ke platform

Anda juga bisa membuat analisis mengenai keinginan calon konsumen. Misalnya, apakah produk yang Anda tawarkan sudah sesuai dengan target atau sebaliknya.

Lalu bagaimana cara yang tepat untuk bisa melakukan pemasaran atau online marketing ini?

Langkah-langkah Menjalankan Marketing Online

Langkah-langkah Menjalankan Online Marketing

Tentu Anda penasaran bukan dengan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk bisa melakukan online marketing ini? Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan sebagai pemula.

Membuat website khusus toko online

1. Membuat website khusus toko

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah membuat website khusus atau rumah untuk Anda membangun toko secara online. Tujuannya pun tidak jauh beda dengan toko offline. Namun, yang membedakan hanya konsepnya saja.

Pada toko online ini Anda bisa secara langsung memantau lalu lintas penjualan di platform yang Anda miliki. Selain itu, Anda juga bisa memilih sendiri untuk membuat Website secara umum maupun premium.

Adapun keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan dengan membangun website ini adalah kepercayaan konsumen yang bisa meningkatkan sampai 80 persen. Tidak jauh beda dengan toko yang dibuat secara offline, namun bedanya konsumen memanfaatkan gadget untuk melihat dan membeli produk Anda.

Lalu bagaimana dengan biaya dan pembuatanya? Untuk saat ini membuat toko online sebenarnya sangat mudah dan murah. Bahkan bagi orang awam pun yang belum mengerti tentang pemrograman website sekarang sudah bisa dengan mudah untuk membuatnya yaitu dengan menggunakan CMS (Content Management System) yaitu platform website builder yang sangat mudah untuk digunakan tinggal klik dan instal website pun sudah jadi.

Langkah Membuat Website Toko Online:

  • Membeli domain dan hosting murah di IDwebhost
  • Instalasi Website WordPress – WooCommerce

a. Instal WordPress

b. Instal plugin WooCommerce

c. Ganti Template WordPress

  • Setting Toko Online
  • Kembangkan Toko Online

Nah poin diatas adalah gambaran singkat untuk membuat toko online Anda sendiri, namun jika masih ragu untuk melakukan instalasi Anda bisa konsultasi dengan tim IDwebhost yang akan siap 24/7 melayani Anda. Kemudian IDwebhost juga memiliki jasa pembuatan website toko online jika Anda ingin memiliki toko online secara murah dan mudah dengan menggunakan layanan Jejualan untuk Toko Online Anda. Bikin web lebih mudah dengan jasa pembuatan website dari IDwebhost.

Optimalisasi konten dengan belajar SEO

2. Optimalisasi konten dengan belajar SEO

Cara kedua yang bisa Anda lakukan adalah dengan belajar bagaimana cara mengoptimasi konten yang sesuai dengan SEO.
Karena tidak dipungkiri juga kalau masyarakat kini sudah menjadi pelanggan yang cerdas. Umumnya, sebelum membeli mereka akan melakukan riset, yakni untuk membandingkan produk yang satu dengan produk lainnya di banyak toko online yang mereka kunjungi.

Agar produk Anda bisa berada di atas kolom pencarian mesin Google, maka Anda harus mampu untuk membuat konten yang sesuai dengan teknik SEO atau Search Engine Optimization. Langkah ini banyak dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar agar produk dari merek mereka mudah ditemukan di mesin pencari.

Baca juga: 10 Teknologi Hosting Tercanggih IDwebhost Untuk Website Anda

Bekerjasama dengan influencer

3. Bekerjasama dengan influencer

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan media sosial atau platform yang kini banyak bertebaran. Salah satu langkah tepat yang bisa Anda gunakan adalah melakukan kerja sama dengan pesohor yang terkenal di media sosial, atau biasa disebut dengan influencer.

Followers atau pengikut akun para figur publik tersebut bisa dimanfaatkan untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk jualan Anda.

Online Marketing yang satu ini cukup unik, mungkin sebelumnya Anda harus mengeluarkan bujet yang tidak sedikit untuk bekerjasama dengan influencer. Namun, hasil yang diperoleh pun jauh lebih banyak, karena mereka berhasil mengajak pengikut mereka untuk membeli produk yang Anda jual.

Bagaimana, cukup mudah sekali bukan langkah-langkah yang ada di atas? Semuanya bisa Anda lakukan dengan mudah asal ilmu online marketing sudah dimiliki dengan baik. Semoga ulasannya bermanfaat!.

IDwebhost adalah salah satu penyedia layanan web hosting murah dan terbaik di Indonesia yang telah berpengalaman sejak 2004. Dengan lebih dari 100 ribu pelanggan telah puas menggunakan layanan hosting murah IDwebhost, Anda bisa cek review pelanggan kami.