12 Tips Sukses Jualan Online Mudah Menguntungkan Terbaru
Blog Bisnis Online 12 Tips Sukses Jualan Online Mudah Menguntungkan Terbaru

12 Tips Sukses Jualan Online Mudah Menguntungkan Terbaru

Hai sahabat IDwebhost apakabar sehat dan sukses selalu ya. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips menarik seputar jualan online yang menguntungkan. Tips yang saya bagikan lumayan buat referensi yang memberikan nilai tambah pada pembaca. Kita sudah merasakan bahwa semua kebutuhan kita dari rambut sampai kaki sudah bisa kita temukan internet. Dengan kata lain melalui internet kita bisa beli barang atau jasa yang kita butuhkan. Nah dari sini kita tahu peluang internet untuk bisa menghasilkan uang sangat besar. Dari artikel ini saya akan fokus untuk memberikan tips sukses jualan online.

Jualan online ini menjadi daya tarik sendiri apalagi saat musim pandemi seperti ini semua serba dilakukan dirumah. Dengan jualan online kita bisa menjangkau pelanggan dan konsumen secara luas bahkan hingga internasional loh sehingga kesempatan untuk terjual sangat besar. Caranya sih sangat mudah cukup menyediakan smartphone dan koneksi internet kita sudah bisa jualan online walaupun tidak punya produk sama sekali.

Meskipun terlihat begitu menggiurkan dan mudah namun jangan salah ada juga yang berhenti di tengah jalan dan memilih tidak melanjutkan bisnis online-nya. Mungkin banyak yang bercerita atau kalian sendiri yang sudah tau berapa banyak orang yang jualan online kandas ditengah jalan yang membuat kalian ngak selera. Tapi saya sih percaya bahwasanya kesuksesan itu adalah hak semua orang yang mau berusaha dan mencoba.

12 Tips Jualan Online Bagi Pemula

Sudah siap untung besar sukses dari jualan kalian dan laku di pasaran langsung saja berikut saya bagikan tips sukses berjualan online.

1. Mengenal Keunikan Produk atau Jasa

Sebelum menjual produk atau jasa tentunya kita harus tahu dulu produk atau jasa yang akan kita jual. Lalu apa sih kelebihan dari produk yang akan kalian jual? Saya kira kalian akan menjawab harga yang murah, kualitas terjamin, atau produk satu-satunya di pasaran. Dari pertanyaan tadi jawabanya sih mudah namun jika pertanyaannya seperti berikut. Apa kelebihan produk atau jasa kalian dari pesaing? Jawabannya akan cenderung sulit untuk diuraikan.

Tidak masalah memang saya sendiri ketika melamar pekerjaan saat ditanya apa kelebihan Anda dibanding yang lain? Ini pun saya pasti sangat kesulitan untuk menjawabnya.

Dari sini kita akan merenung dan memikirkan jawaban unik yang sesuai dengan deskripsi produk atau jasa kita dibandingkan kompetitor. Ada banyak produk yang bertebaran membanjiri toko online maupun marketplace namun yang memiliki keunikan sendiri tentu akan sangat menarik konsumen untuk membelinya.

2. Tentukan Harga Jual

Nah kita kan sudah memiliki produk atau jasa yang akan kita jual nih, saatnya menentukan harganya jangan sampai melebihi nilai manfaat produk tersebut. Biasanya saat kita mau menghitung harga jual yang pas dengan cara menghitung biaya minimal dari produksinya misalnya 30% sekian-sekian. Untuk lebih jelasnya harga pembelian produk misalnya saja seharga Rp50.000,- maka saat kita ingin menjual bisa kita hitung begini Rp50.000+(30%xRp50.000) hasilnya adalah Rp50.000 ditambah Rp15.000 = Rp65.000,-

Dari perhitungan di atas memang tidaklah pasti segitu dan seperti itu namun kita harus melihat lagi beberapa faktor yang mempengaruhi harga produk yang ingin kita jual. Dari biaya ongkos kirim, bensin dan lain sebagainya harus dipertimbangkan juga.

Buat Website Toko Online

3. Buat Website Toko Online

Sekarang apa perlu kita memiliki website toh sudah ada banyak marketplace saat ini. Apakah masih perlu membuat website untuk berjualan online? Jawabanya adalah kita perlu untuk membuat website itu sendiri alasannya adalah ceruk pasar jualan melalui website toko online masih stabil. Berbeda dengan marketplace yang persaingannya sangat besar.

Pastinya kita sudah tahu berbagai macam marketplace saat ini dari Shopee, Bukalapak, Tokopedia, Blibli hingga Lazada. Memang benar sih penggunaan platform marketplace sangat mudah. Untuk memulai bisa jualan online pun tak butuh waktu lama bahkan gratis tinggal kalian membuat akun dan bisa mulai upload produk. Mengingat penggunanya yang juga banyak persaingannya pun juga semakin ketat. Kalian harus bersaing bahkan memasang harga murah yang tak wajar untuk membangun rating dan review yang baik. Akan tetapi hasilnya malah hanya jangka pendek saja.

Berbeda dengan kita memiliki website toko online sendiri yang akan memperoleh keuntungan dan manfaat jangka panjang. Saat pertama kali kalian mulai membangun bisnis melalui website akan mengalami sedikit kerumitan, namun jangka panjangnya akan bertahan lama di pencarian Google.

Beli domain dan hosting

4. Beli Domain dan Hosting

Nah bagaimana tertarik untuk memiliki website toko online? Jika sudah yakin untuk ingin mulai memiliki website toko online dan segera jualan online langkahnya cukup mudah tinggal ikuti langkah berikut.

Hubungi penyedia layanan domain dan hosting di sini, IDwebhost.com, Instal WordPress, memilih platform toko online dari pilih CMS yang sudah ada seperti, WooCommerce, PrestaShop, Shopify dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya langsung saja kunjungi IDwebhos.com kalian akan di pandu sampai memiliki website toko online sendiri.

5. Lakukan Riset Marketing

Riset pasar adalah suatu proses meneliti untuk mengetahui pasar hal ini untuk mengetahui informasi atau data yang memiliki gambaran jenis produk atau jasa apa yang akan bisa memberikan atau mendatangkan keuntungan bagi bisnis yang dijalankan. Sedangakan jika sudah meiliki produk sendiri riset pasar ini berguna untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk tersebut.

Strategi Content Marketing

6. Strategi Content Marketing

Disini content marketing memiliki peran penting untuk kelangsungan website toko online. Konten yang dibuat biasanya berupa artikel atau tulisan yang relevan dengan produk atau jasa yang ditawarkan oleh pemilik website. Konten disini tidak sembarangan membuat konten begitu saja. Namun harus memenuhi kriteria yang sesuai dengan pedoman Google search. Cara yang sering dikenal adalah dengan menerapkan teknik SEO pada artikel tersebut.

Aktif di Media Sosial

7. Aktif di Media Sosial

Sosial media adalah tempat yang paling sering digunakan oleh pemilik bisnis untuk menawarkan produk atau jasanya mengingat pengguna media sosial yang begitu besar. Kalian bisa mempromosikan atau mengenalkan produk melalui komentar post atau story.

Iklan Lewat google Facebook Youtube Instagram

8. Iklan Melalui Google, Facebook, Youtube, dan Instagram

Langkah strategis berikutnya adalah dengan melakukan pemasangan iklan baik itu dengan menggunakan Google Ads maupun media sosial. Dengan menggunakan iklan Ads produk akan lebih cepat untuk menjangkau konsumen yang akan memperlancar jualan online kita.

9. Menggunakan Email Marketing

Email marketing juga masih sering digunakan untuk strategi online marketing yang sering di implementasikan oleh para pemilik bisnis. Cara Kerjanya adalah dengan mengirimkan penawaran produk atau jasa melalui email.

10. Berikan Promo-Promo

Hayo siapa yang tidak tertarik jika ada berbagai promo yang ditawarkan? Saya sendiri pun ketika ada promo yang menarik pasti akan melirik juga. Dengan memberikan promo-promo maka pelanggan akan semakin tertarik apalagi bisnis jualan online kita yang masih seumur jagung.

11. Manfaatkan Marketplace

Saat ini marketplace yang begitu banyak dan juga penggunanya yang juga terus bertambah apalagi promo-promo gratis ongkir yang membuat jualan online disini semakin kebanjiran orderan. Nah dengan menggunakan toko online dan dipadukan dengan marketplace yang ada akan menambah laku jualan online kita.

12. Lakukan Evaluasi Progres Jualan

Tahap ini yaitu melakukan evaluasi kinerja dari platform jualan online yang kita gunakan. Jika masih ada yang kurang kita bisa mengupdate kekurangan dari masing-masing platform yang kita gunakan, baik itu dari website, sosial media, dan juga marketplace yang ada.

Baca juga: Strategi Memulai Peluang Bisnis Katering Online

Bagaimana Sudah Siapkah Sukses Jualan Online Untung Besar?

Dari artikel ini kita sudah tau potensi dan peluang yang sangat besar dari jualan online, selain itu kita bisa memanfaatkan berbagai platform yang bisa kita manfaatkan untuk menunjang bisnis online kita.

Demikian pembahasan tentang tips sukses jualan online kali ini semoga memberikan manfaat dan nilai tambah pada pembaca. Jika ingin memulai jualan online dengan platform website toko online kalian bisa langsung cek di IDwebhost.com yang akan membantu kalian memulai bisnis online secepatnya.