10 Tips Untuk Memacu Kreativitas Anda
Blog Tips Keren

10 Tips Untuk Memacu Kreativitas Anda

Sebenarnya banyak sekali cara untuk memacu kreativitas anda supaya meningkat dan melepaskan diri dari kekangan logika serta ide yang seringkali terhenti. Jadi biarkan supaya pikiran kita menjadi bebas tidak terikat terhadap suatu permasalahan. Biasanya hal tersebut dikenal dengan istilah kerennya “thinking out of the box” atau berpikir di luar batas. Cara tersebut akan membantu kita untuk melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda dan memberikan penyegaran serta keleluasaan yang dibutuhkan untuk menjadi pribadi yang lebih kreatif.

Berikut 10 Tips Untuk Memacu Kreativitas Anda

1. Brainstorming

 

Brainstorming untuk memacu kreativitas
idwebhost

 

Tips yang pertama untuk memacu kreativitas anda yaitu Brainstorming. Brainstorming merupakan upaya pencarian ide kreatif atau memecahkan masalah tertentu dengan cara mengumpulkan gagasan para anggota kelompok. Bagi Anda yang bekerja dengan tim di perusahaan tentu pasti pernah melakukan brainstorming, baik melalui rapat atau bincang-bincang santai untuk membuat proyek tertentu.

Brainstorming dinilai lebih jitu untuk memacu datangnya kreativitas karena berasal dari banyak kepala atau pemikiran orang-orang. Pengalaman yang berbeda dari tiap-tiap partisipan dapat membuat sebuah ide lama menjadi sebuah ide baru serta menjadikan semula ide yang sederhana menjadi ide yang luar biasa.

2. Berpikir secara Lateral

Tips untuk memacu kreativitas yang kedua adalah dengan berpikir secara lateral. Mirip dengan brainstorming, berpikir secara lateral merupakan cara menyelesaikan masalah dari setiap sudut pandang yang memungkinkan. Ide dasarnya dengan mengidentifikasi cara “normal” melihat masalah dan bagaimana cara untuk menghindarinya.

Kita dapat menggunakan cara acak untuk memicu jalan atau alur pikiran supaya dapat memecahkan masalah, contohnya seperti membiarkan buku jatuh dengan posisi terbuka, menempelkan sebuah pin pada tembok, melihat kumpulan kata-kata penting atau keyword yang mungkin berhubungan dengan masalah, dan sebagainya. Kelihatannya memang aneh, tapi bisa jadi cara ini sangat efektif.

3. Berpikir mundur (Top Down)

Jika Anda tahu apa yang Anda inginkan akan tetapi anda tidak tahu bagaimana cara untuk memperolehnya, cobalah untuk berpikir secara mundur. Contohnya, Pada suatu pertandingan sepakbola, kita melihat adanya selebrasi atau perayaan terjadinya gol dari sang pencetak gol; proses terjadinya gol; umpan yang tepat kepada pencetak gol; umpan-umpan bola antar pemain dan seterusnya.

Jadi pada intinya, Kita berpikir dengan memposisikan pikiran kita bahwa telah sukses mencapai tujuan, kemudian kita breakdown proses langkah-langkah sebelum pencapaian kesuksesan tujuan tersebut. Kesimpulannya, anda berpikir tidak harus melulu dari pencapaian awal ke akhir tetapi anda bisa juga berpikir dari hasil akhir kemudian di-break down menuju ke start awal.

4. Pengandaian

Salah satu cara untuk bisa bergerak leluasa di luar ide-ide yang biasa adalah dengan bertanya, “Bagaimana jika? atau “What If?”. Contohnya, anda bertanya untuk solusi menggurangi kemacetan dijalan, ”Bagaimana jika seandainya setiap sekolah memiliki bus sendiri?”. Dan ini bisa menghasilkan pemikiran yang kreatif tentang cara kita memperoleh keterkaitannya dengan pemakaian mobil pribadi dan solusinya. Selain itu, bisa juga dengan menggunakan pertanyaan negatif, seperti misalnya “Bagaimana jika air sungai tidak dinormalisasi?”, “Bagaimana jika aturan ini tidak dilaksanakan? dan sebagainya.

Anda kemudian juga bisa mencari tahu cara menghadapi masalah tersebut. Semisal, bisa dengan pertanyaan diluar cara berpikir orang normal, seperti “Bagaimana jika hewan peliharaan anda bisa berbicara ?” Ini mungkin tampak seperti lelucon, tetapi itu bisa merangsang munculnya ide-ide yang berguna tentang bagaimana cara kita dalam memperlakukan hewan tersebut.

5. Mendengarkan musik

 

dengan mendegarkan musik untuk memacu kreativitas
idwebhost

 

Dengan cara mendengarkan musik dengan irama yang pas dapat memperbaiki mood anda. Dengan mood yang baik,tentu otak akan terpacu untuk berpikir lebih baik dengan sudut pandang yang berbeda. Coba anda pilih saja musik dengan irama upbeat atau lagu dengan lirik penyemangat hidup. Dengan mendengarkannya, anda akan terbawa suasana semangat bahkan akan memicu pemikiran out of the box.

Pernah dilakukan penelitian oleh Sam Ferguson dari University of Technology di Sidney kepada beberapa mahasiswa. Beberapa mahasiswa diminta untuk mendengarkan beberapa jenis musik berbeda, seperti musik yang tenang, sedih, dan musik bahagia. Hasil yang ditemukan sangat bervariasi. Ketika mereka diminta menyelesaikan sebuah tugas, mereka yang mendengarkan musik bahagia lebih berinovasi dan kreatif dalam menyelesaikan masalahnya.

6. Coret-coret di Kertas

Jika anda termasuk tipe orang dengan pemikir visual, Anda dapat menuangkan segala yang ada pada pikiran anda melalui sebuah coretan atau gambar. Cobalah untuk membuat gambar doodle art, melukis, atau yang lainnya. Biarkan ide tersebut bermain di otak anda melalui goresan di kertas kosong. Hal ini bisa anda lakukan di ruangan terbuka, semisal di belakang rumah sambil memandang pepohonan disertai semilir angin sepoi-sepoi yang bisa membuat pikiran anda rilex maka pikiran visual anda akan lebih hebat.

7. Menulis Diary atau Blog dan Membaca Artikel

Anda bukan tipe orang yang suka menggambar? Tidak masalah, Anda dapat menuangkan segala isi pikiran melalui tulisan bebas. Biarkan otak anda supaya terbiasa mengolah, mencerna dan mewujudkannya melalui tulisan tangan anda di diary atau sebuah blog sederhana. Dengan sering menulis akan meningkatkan kepekaan anda terhadap lingkungan sekitar loh. Selain itu anda juga bisa dengan membaca artikel seperti Tips-tips keren, Tutorial, Panduan, dan sebagainya, yang berguna untuk membuka wawasan anda. Dengan begitu, pikiran anda akan terbuka dan akan mudah menerima hal-hal baru.

8. Aktivitas fisik

Aktivitas fisik yang dimaksud adalah seperti olahraga yang ringan semisal jalan santai. Olahraga, apapun aktifitasnya, akan membuat fisik sekaligus pikiran anda menjadi segar kembali. Maka dari itu, khusus anda yang bekerja di ruangan kantor dengan hanya duduk seharian, sangat perlu untuk melakukan olahraga minimal seminggu sekali, agar pikiran lebih fresh dan tubuh menjadi fit. Biasanya kreativitas akan lebih terpacu hanya dengan cara berjalan-jalan dibandingkan berpikir dengan cara duduk diam.

9. Traveling

 

dengan traveling untuk memacu kreativitas
idwebhost

 

“Serius amat sih kamu? Kamu pasti kurang piknik ya”, jika Anda pernah mendengar kalimat tersebut dari teman Anda, cepat agendakan liburanmu! Orang yang kurang bepergian biasanya lebih sering merasa jenuh dan tertekan. Menyisihkan waktu untuk liburan dan jalan-jalan itu penting loh. Bepergian ke tempat dengan suasana yang baru akan memperluas sudut pandang kita. Pengalaman asing akan meningkatkan kemampuan berpikir supaya lebih fleksibel.

10. Mengikuti Kursus

Jika anda tipe orang yang harus dipandu supaya dapat memunculkan ide kreatif, mengikuti kursus keterampilan adalah jawaban yang tepat. Dengan mengikuti kursus, anda dapat dengan mudah untuk mengasah kemampuan dan kreativitas. Ikuti kursus yang sesuai dengan passion atau hobi anda, misalnya seperti les editing video, melukis, komputer, desain grafis, menari, menjahit, dan sebagainya.

Kesimpulan

Itulah 10 tips dari IDwebhost untuk memacu kreativitas anda supaya anda dalam bekerja lebih semangat dan hidup lebih tenang jika menghadapi masalah.

Helmy Ashari

Seorang yang tak pandai dalam berkata cuma bisa menuangkannya lewat tulisan saja.