7 Tips dan Cara Promosi yang Paling Tepat

5 Jan 2024
7 Tips dan Cara Promosi yang Paling Tepat campaign-unlimited

Kamu mungkin sudah mencoba berbagai strategi namun angka penjualan tidak juga meningkat. Hal ini pasti membuat kamu bingung dan bertanya-tanya, bagaimana sih cara mempromosikan barang agar menarik banyak orang? Nah, tenang-tenang, kami punya beberapa tips dan cara promosi yang paling tepat.

Promosi adalah salah satu hal yang paling penting dalam membangun bisnis. Dalam prosesnya kamu mungkin perlu melakukan uji coba untuk menemukan strategi promosi yang tepat. Namun, uji coba tentu akan memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit.

Pilihan lainnya, kamu bisa mengikuti tips dan cara yang akan kami jelaskan di artikel ini. Nah, mari kita langsung saja menuju ke pembahasan selengkapnya di bawah ini!

  1. Adopsi Strategi Social Media Marketing

10 Tips Dan Cara promosi yang paling efektif

Pertama, cara promosi yang paling tepat untuk menarik lebih banyak pembeli ialah dengan social media marketing. Media sosial merupakan platform yang memungkinkan pelaku bisnis untuk menjangkau calon pembeli sekaligus melakukan promosi produk.

Melalui praktik ini, kamu dapat menjalankan strategi konten marketing secara organik maupun memasang iklan berbayar. Yang harus diperhatikan dari strategi ini adalah pembuatan konten dan penargetan audiens yang relevan.

Ada berbagai jenis konten yang bisa diunggah di media sosial. Misalnya, seperti konten hiburan, panduan, penawaran produk, hingga informasi umum. Untuk menentukan jenis konten mana yang dibutuhkan dan media sosial apa yang digunakan, kamu dapat berpatokan pada audiens yang ingin ditargetkan.

  1. Lakukan Diversifikasi Platform Promosi

Tentu bukanlah hal yang mudah untuk melakukan promosi di seluruh channel mainstream. Namun, tetap saja hal ini tidaklah mustahil. Diversifikasi platform promosi merupakan strategi cerdas untuk menjangkau target audiens yang lebih besar. Selain bisa meningkatkan penjualan, upaya ini juga dapat membantu bisnis meningkatkan brand awareness.

Akan tetapi, perlu dipahami bahwa strategi ini juga mempunyai tantangannya sendiri. Setiap platform mempunyai pengguna dengan demografi dan preferensi yang berbeda-beda. Promosi melalui banyak platform bukan hanya sekadar melakukan repost ulang konten. Setiap konten perlu disesuaikan dengan minat audiens dan format platform.

Bagaimana cara untuk mengetahuinya? Sebagai pelaku usaha, kamu perlu memperbanyak referensi dan melakukan riset tren-tren terkini. Lakukan analisis audiens dari tiap-tiap platform dan kenali juga siapa target audiens untuk produk yang akan dijual. Cara lainnya, kamu juga dapat berpartisipasi dalam forum atau komunitas online.

  1. Berikan Penawaran Terbatas

Cara promosi yang paling tepat adalah dengan tidak mengabaikan pemberian diskon. Siapa yang tidak suka diskon? Mendapatkan potongan harga atau penawaran khusus merupakan hal yang menyenangkan bagi hampir semua orang. Apalagi jika promo ini diberikan oleh brand atau produk yang sedang ingin kita beli.

Penawaran atau potongan harga bisa diberikan dengan cara yang variatif. Kamu bisa memberikan promo khusus pada tanggal tertentu, promo buy 1 get 1, flash sale, atau diskon live shopping. Selain memberikan potongan harga, menambahkan batasan waktu diskon juga tidak kalah penting.

Memberikan batasan waktu untuk diskon produk bisa memunculkan kesan urgensi untuk segera melakukan pembelian. Kamu bisa membatasi waktu pembelian dalam periode tertentu atau dalam jumlah stok yang sudah ditentukan.

  1. Bangun Interaksi dengan Reward atau Program Loyalty

10 Tips Dan Cara promosi yang paling efektif

Menjawab pertanyaan, ‘bagaimana cara promosi yang baik dan benar?’ bukan hanya dapat dilakukan dengan pemberian diskon saja. Berikan juga apresiasi kepada pembeli yang sudah berlangganan atau secara konsisten berinteraksi dengan bisnismu.

Strategi ini dapat membantu bisnis untuk membangun rasa kepercayaan dan reputasi yang kuat di mata pelanggan. Sementara, bagi pelanggan yang masih belum secara aktif berinteraksi dengan bisnis, strategi ini juga dapat memotivasi dan meningkatkan ketertarikannya.

Salah satu bentuk dari apresiasi pada pelanggan dapat diberikan melalui program loyalty. Pertimbangkan untuk memberikan poin, diskon, hadiah gratis, atau reward lainnya yang bisa diakumulasikan seiring waktu. Dengan strategi ini, kamu bukan hanya bisa mendorong penjualan tapi juga menciptakan hubungan dengan pelanggan yang lebih erat.

  1. Manfaatkan Email Marketing

Berikutnya, cara promosi yang paling tepat juga melibatkan pemasaran via email. Ini adalah strategi untuk menyebarluaskan informasi tentang produk baru atau potongan harga besar, yang cepat dan masif. Email marketing bahkan memungkinkan bisnis untuk menjangkau calon pembeli yang relevan dan potensial.

Artinya, peluang untuk mendapatkan konversi dari email marketing lebih tinggi daripada memasang iklan tradisional. Namun, hal ini tentu saja hanya bisa terwujud dengan adanya mailing list audiens yang tepat. Untuk membuatnya, kamu bisa menyediakan formulir subscription di website.

Dari sini bisa diketahui bahwa audiens yang mengisi formulir tersebut adalah calon pembeli yang sudah memiliki ketertarikan terhadap produk dan brand kamu. Jadi, selanjutnya, informasi atau promo yang dikirimkan ke calon pembeli ini akan menghasilkan konversi yang diharapkan.

  1. Kirimkan Pesan Promosi di WhatsApp

WhatsApp adalah platform pesan instan yang kini sangat populer, khususnya di Indonesia. Hal ini membuat WhatsApp cocok untuk digunakan sebagai alat promosi. Bagaimana cara promosi produk di WA? Salah satu cara promosi yang paling tepat adalah dengan membuat grup komunitas di WA.

Manfaatkan grup WA untuk memberikan informasi, penawaran spesial, atau diskon eksklusif kepada pelanggan bisnismu. Pastikan untuk memberikan informasi yang berkualitas dan relevan, sehingga anggota dalam grup terus menantikan pesanmu.

Akan tetapi, jaga frekuensi pengiriman pesan. Hindari mengirimkan pesan terlalu sering dan dalam jumlah yang banyak. Selain bisa mengganggu pelanggan, ini juga bisa dinilai sebagai pesan spam. Pastikan untuk tetap menjaga etika dan kebijakan yang berlaku dengan memiliki izin dari penerima sebelum mengirimkan pesan promosi.

  1. Ajak Pelanggan untuk Memberikan Ulasan

Ulasan produk yang positif bukan hanya merupakan investasi dalam jangka panjang. Sama halnya dengan ulasan negatif, ini dapat mempengaruhi keputusan pembelian calon pelanggan. Sebagai pelaku bisnis, kamu tidak bisa menganggap remeh hal ini.

Ajaklah pelanggan untuk memberikan ulasan positif terkait produk yang dibeli. Kamu bisa mengirimkan permintaan ulasan melalui email atau media sosial. Pastikan untuk menunjukkan ajakan ini secara personal dan berikan reward yang layak untuk pelanggan yang membagikan ulasan baiknya.

Tidak lupa, jangan biarkan audiens merasa bingung untuk memberikan ulasan. Jelaskan langkah-langkah dan prosesnya secara rinci untuk memudahkan pelanggan. Setelah mempublikasikan ulasan ini, berikan tanggapan untuk menghargai ulasan tersebut.

Demikian 7 tips dan cara promosi yang paling tepat ini. Pastikan untuk menerapkan cara-cara yang sudah kami jelaskan di atas sesuai dengan kebutuhan dan tujuan yang bisnis kamu targetkan. Perhatikan juga untuk selalu menghormati privasi pelanggan untuk membangun hubungan yang positif ya.

Ayo, kembangkan bisnis bersama hosting berkualitas dari IDwebhost! Dapatkan pengunjung lebih banyak dengan performa situs super kencang. Website cepat kembangkan bisnis lebih hebat dengan Hosting Unlimited IDwebhost

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022