10 Rekomendasi Ide Usaha Rumahan dan Tips Memulainya Agar Sukses

5 Des 2022
10 Rekomendasi Ide Usaha Rumahan dan Tips Memulainya Agar Sukses

Memulai usaha rumahan adalah solusi tepat untuk mulai belajar bisnis tanpa memerlukan modal yang besar. Membangun sebuah bisnis tidak dapat dilakukan dalam sekejap mata. Diperlukan konsistensi, kesabaran, dan ide usaha rumahan yang tepat untuk membangun usaha rumahan yang sukses.

Sebenarnya ada banyak pilihan bisnis rumahan yang dapat dicoba dan cukup menjanjikan. Meskipun hanya memerlukan modal kecil, usaha rumahan dapat menjadi cikal bakal bisnis yang menguntungkan.

Apabila saat ini kamu sedang berpikir untuk memulai usaha, pastikan kamu menyimak ulasan rekomendasi usaha rumahan serta tips memulainya ini, ya. Selamat membaca!

1. Bisnis Dropship

Ide usaha rumahan ini merupakan salah satu ide usaha yang paling mudah bagi pemula. Kini siapa saja bisa membuka usaha dropship. Bisnis dropship adalah usaha online tanpa modal, lho. Kamu hanya memerlukan keahlian pemasaran yang tepat untuk membuka usaha ini.

Cara  menjalankan bisnis dropship hampir mirip seperti orang berjualan biasa. Namun, dalam bisnis dropship, kamu tidak perlu menyediakan produk jualan. Kamu hanya perlu menjadi perantara antara supplier dan pembeli. Meskipun begitu, kamu tetap akan dikenal sebagai penjual pertama oleh pembeli.

Kelebihan usaha rumahan untuk pemula ini adalah modal yang minim. Kamu hanya perlu berfokus untuk memasarkan produk. Ide bisnis ini bahkan dapat membantumu untuk melatih skill komunikasi sebab kamu perlu berhubungan dengan pembeli maupun supplier dengan baik.

Sayangnya, bisnis ini mempunyai risiko pada kualitas dari produk. Sebagai seorang dropshipper, kamu tidak dapat mengontrol kualitas dari produk yang kamu jual. Oleh sebab itu, kamu perlu melakukan riset untuk mencari supplier yang tepat dan terus menjaga kualitas pelayanan yang baik pada pembeli.

2. Mengikuti Program Afiliasi

afiliasi

Berikutnya, kamu juga dapat mencoba ide usaha rumahan dengan mengikuti program afiliasi. Program afiliasi adalah sebuah strategi penjualan, di mana kamu akan mendapatkan komisi apabila dapat membuat orang membeli produk yang kamu tawarkan. Kini ada banyak penyedia program afiliasi dengan besaran komisi yang bervariasi.

Jika bergabung dengan program afiliasi, kamu akan mendapatkan kode kupon atau voucher promo berupa link unik yang diberikan oleh penyedia program. Link unik inilah yang selanjutnya harus kamu sebarkan dengan strategi marketing menarik sehingga pembeli berdatangan dan melakukan pembelian melalui link unik tersebut.

Program afiliasi adalah salah satu usaha rumahan yang menjanjikan. Biasanya, seorang afiliator bisa mendapatkan komisi sekitar 40 sampai 70% dari total transaksi yang dilakukan pembeli. Semakin besar nilai transaksi tentu saja akan semakin besar komisi yang didapatkan.

Jika kamu tertarik, kamu dapat bergabung menjadi afiliasi IDwebhost. Kamu bisa mendapatkan keuntungan komisi hingga 70%. Estimasi pendapatan yang bisa kamu hasilkan per bulan bahkan dapat mencapai sejumlah 20 juta. Yuk, gabung sekarang gratis, di sini!

3. Menjadi Agen Pulsa

Ide usaha rumahan selanjutnya yang bisa dicoba adalah menjadi agen pulsa. Lho, maksudnya buka counter di rumah? Menjadi agen pulsa bukan berarti membuka counter di rumah, justru kamu dapat membuka counter digital saja dari rumah! Kamu dapat memasarkan berbagai produk jualanmu melalui website bisnis saja.

Tawarkan berbagai jenis produk sekaligus seperti pulsa berbagai operator, kuota data internet, token listrik, isi ulang saldo dompet digital, dan sebagainya. Tantangan di bisnis ini adalah meyediakan pelayanan yang baik dan terarah, menawarkan harga yang bersaing, dan menemukan distributor pulsa yang terpercaya.

Umumnya, transaksi pulsa tidak memakan waktu yang lama. Oleh sebab itu, pastikan untuk memberikan layanan pembelian pulsa dengan durasi waktu yang singkat. Di samping itu, siapkan juga website bisnis yang sederhana, mudah dipahami, tapi tetap berkualitas.

Untuk membuat website bisnis yang menarik sebagai counter digital, kamu dapat menggunakan layanan pembuatan website dari IDwebhost. Harganya terjangkau, proses pembuatannya cepat, dan yang pasti kamu hanya perlu terima jadi. Cek sekarang di sini.

4. Bisnis Thrift Shop

Thrifting kini sudah menjadi salah satu gaya hidup kekinian, terutama di kalangan anak muda. Selain untuk membantu meminimalisir eksploitasi lingkungan, membeli baju preloved juga sering dinilai lebih murah dan trendy. Fenomena ramainya belanja baju preloved ini bisa dimanfaatkan sebagai peluang usaha rumahan, lho.

Bisnis thrifting merupakan usaha rumahan yang trend. Untuk memulai usaha ini, kamu dapat mencari supplier terpercaya di berbagai kanal dan melakukan riset harga baju preloved. Jika ingin mendapatkan harga yang lebih terjangkau, kamu dapat mencari supplier yang menyediakan paket bundling berupa ball untuk keperluan usaha.

Dalam satu ball biasanya kamu akan mendapatkan puluhan pakaian. Kamu perlu memilah berbagai pakaian dari ball ini dan mencari pakaian yang masih layak untuk dijual kembali. Tidak jarang dalam sebuah ball juga bisa ditemukan berbagai baju preloved dari brand ternama, lho.

Jika tertarik membuka usaha thrift shop, kamu juga perlu mencuci dan membersihkan pakaian yang akan dijual. Dengan demikian kamu bisa mengunggah foto produk yang menarik dan pembeli juga akan senang mendapatkan pakaian yang bersih dan wangi.

5. Jual Camilan di Online Shop

jualan camilan

Pernah membeli snack kiloan? Jangan salah, kini ide bisnis makanan seperti jual snack kiloan juga bisa dimulai dari rumah saja. Kamu dapat menjual snack lokal asli daerahmu dan memasarkannya secara online melalui media sosial atau marketplace.

Kamu tidak perlu khawatir untuk menyediakan ruang penyimpanan snack yang besar. Ide usaha rumahan ini memungkinkan kamu untuk menjual produk camilan berdasarkan stok maupun made by order. Dengan demikian kamu juga tidak perlu khawatir akan rugi jika produk melempem sebelum terjual.

Akan tetapi, bisnis ini mempunyai tantangan yang tricky. Tantangannya terdapat pada cara pengemasan produk. Dalam memasarkan produk secara online, kamu berpeluang untuk mendapatkan pembeli dari berbagai daerah. Oleh sebab itu, kamu perlu memperhatikan pengemasan dan mempertimbangkan lama pengirimannya agar produk tetap fresh.

6. Mengajar Les

Kamu suka mengajar?  Atau punya kemampuan di subjek tertentu? Jika iya, jangan sia-siakan kemampuan tersebut dan manfaatkan untuk membuka usaha rumahan. Kamu dapat membuka jasa mengajar les di rumah saja. Tapi kamu juga tidak harus menerima murid di rumah, lho.

Kamu dapat mendaftarkan diri sebagai tutor atau guru online di berbagai platform. Tawarkan jasa mengajar untuk materi atau subjek yang kamu kuasai. Ide usaha rumahan ini bahkan cukup fleksibel karena kamu dapat menentukan kapasitas murid dan jadwal mengajar sendiri.

Untuk beberapa platform edukasi digital bahkan juga memerlukan tenaga pengajar untuk merekam pengajaran secara mandiri pada beberapa subjek tertentu. Kamu dapat merekam diri sendiri saat sedang mengajar dan mendapatkan insentif dari video yang kamu kirimkan. Wah, sudah seperti content creator saja, ya?

Jika kamu ingin mendirikan kursus les online rumahan yang lebih mandiri, kamu juga dapat memasarkan jasamu melalui berbagai media sosial. Selanjutnya kamu bisa memanfaatkan video conference sebagai media interaktif dengan para murid.

Tips sukses usaha rumahan ini adalah memastikan alur pembelajaran yang terarah dan terukur. Persiapkan keperluan mengajar dengan matang, mulai dari pengunggahan materi, jadwal les, hingga proses evaluasi.

7. Membuka Jasa Penerjemahan

Jika kamu suka menulis dan jago berbahasa asing, kamu dapat membuka jasa penerjemahan. Singkatnya, jasa penerjemahan menawarkan jasa untuk menerjemahkan kata-kata dalam bentuk dokumen atau tulisan ke bahasa lainnya. Jasa penerjemah biasanya juga digunakan untuk menerjemahkan buku, esai, hingga subtitle video.

Untuk membuka jasa penerjemahan kamu perlu kemampuan bahasa asing yang mendalam. Akan lebih bagus lagi jika kamu mempunyai sertifikat atau pencapaian dalam bidang penerjemahan. Dengan demikian, kamu dapat dikenal sebagai jasa penerjemah yang bersertifikasi dan kredibel.

8.  Menjadi Penulis Lepas

Selain menjadi penerjemah bahasa, jika kamu gemar menulis kamu juga bisa menjadi seorang penulis lepas. Penulis lepas adalah seorang penulis yang bekerja berdasarkan permintaan atau project dari klien. Artinya, penulis lepas tidak terikat kontrak dan bisa bekerja dari mana saja, termasuk dari rumah.

Sebagai seorang penulis lepas, kamu dapat menawarkan berbagai jasa kepenulisan. Misalnya jasa menulis artikel SEO, pembuatan esai, menulis sebagai kontributor di situs lain, jasa pembuatan copywriting, dan sebagainya. Kamu dapat mempelajari teknik menulis secara otodidak melalui internet saja.

Menariknya, peluang kerja yang terbuka untuk usaha ini juga cukup luas, lho. Kamu dapat membuka jasa penulis lepas di berbagai platform seperti Sribulancer, Fastwork, Upwork, dan sebagainya. Jika kamu tertarik untuk menulis secara rutin, kamu juga dapat bergabung ke agensi digital marketing sebagai penulis freelance.

9. Menyediakan Jasa Edit Video

video

Untuk ide usaha rumahan kreatif, kamu dapat mencoba menawarkan jasa edit video. Kamu dapat melakukan pekerjaan ini dari rumah saja selama kamu memiliki perangkat yang dapat mendukung proses edit video. Usaha ini tentu saja dapat dimulai tanpa modal.

Akan tetapi, untuk menarik perhatian pasar kamu perlu mempersiapkan portofolio hasil kerjamu. Sertakan berbagai contoh video yang sudah kamu edit. Informasikan juga berbagai tools dan software yang dapat kamu gunakan untuk mengedit video.

Di samping itu, jika kamu tertarik untuk mulai mendirikan usaha ini kamu dapat meningkatkan personal branding-mu. Bagikan berbagai tips atau video hasil editanmu di media sosial. Untuk membangun personal branding yang lebih kredibel kamu juga bisa membuat website portofolio pekerjaanmu.

10. Menjadi Admin Sosial Media

Terakhir, jika kamu tertarik dengan digital media kamu dapat menjadi seorang admin media sosial. Dengan semakin banyaknya usaha yang go digital, maka semakin tinggi juga permintaan untuk pekerja admin media sosial. Seorang admin media sosial bertugas untuk merancang pembuatan konten serta menjadwalkan distribusi konten.

Pendapat yang bisa kamu dapatkan dari usaha ini cukup tinggi, lho. Kamu dapat menetapkan paket harga bundling, misalnya untuk setiap 30 konten. Akan tetapi, di samping itu kamu juga memerlukan pengetahuan yang cukup tentang sosial media marketing agar konten yang dihasilkan tepat sasaran.

Jadi, kira-kira ide usaha rumahan apa yang paling cocok dan ingin kamu wujudkan? Pastikan untuk menggali minat dan potensi diri kamu terlebih dahulu sebelum memutuskannya, ya. Pelajari juga target pasar dan skill tambahan yang diperlukan untuk membuka usaha tersebut.

Untuk mendapatkan tips bermanfaat lainnya kamu bisa mengakses blog IDwebhost. Jika kamu tertarik untuk mulai membuat portofoliomu sendiri, cek promo hosting murah kami dan dapatkan harga spesial khusus buat kamu di sini!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022