Contoh Marketing Tools Saat Memulai Suatu Bisnis

5 Jan 2024
Contoh Marketing Tools Saat Memulai Suatu Bisnis campaign-unlimited

Memulai bisnis saat ini bukan hanya membutuhkan keterampilan berdagang. Kamu juga memerlukan pengetahuan akan digital marketing, termasuk dengan alat-alatnya. Menggunakan marketing tools untuk memulai bisnis bisa jadi jalan ninja bagi pemula untuk lebih cepat beradaptasi di lanskap persaingan saat ini.

Marketing tools adalah alat bantu yang digunakan untuk menganalisis, memantau, hingga mengoptimalkan kinerja dari strategi pemasaran digital. Alat ini bisa berupa situs, aplikasi, maupun program software.

Contoh marketing tools apa saja? Nah, di artikel ini kami akan memberikan 10 rekomendasi alat digital marketing yang pasti akan sangat bermanfaat bagi pemula bisnis seperti kamu. Mari, simak daftarnya langsung di bawah ini!

  1. Google Analytics

contoh marketing tools

Marketing tools untuk memulai bisnis yang pertama adalah Google Analytics. Dapat diketahui dari namanya, ini merupakan alat yang dibuat oleh perusahaan raksasa, Google. Alat ini berfungsi untuk membantu pemilik bisnis maupun marketer dalam melakukan analisis performa website.

Google Analytics menyediakan sejumlah fitur yang memungkinkan penggunanya untuk melihat data traffic, rata-rata waktu yang dihabiskan oleh pengunjung, dan halaman yang paling banyak dikunjungi. Dari data ini, kamu bisa mendapatkan insight baru untuk memahami perilaku pengunjung website-mu.

Selain menyediakan alat analisis real-time, kamu juga bisa menggunakan berbagai fitur dan metrik prediktifnya. Ini dapat membantumu untuk memetakan strategi marketing yang terukur dan terarah. Tidak perlu khawatir soal biaya, alat ini bisa kamu gunakan secara gratis.

  1. Google Ads

Jika tadi kita membahas alat analitik, kali ini kita akan membahas alat memasang iklan. Marketing tools adalah alat untuk membantu mengoptimalkan strategi pemasaran digital. Demikian juga dengan Google Ads, di mana kamu bisa mengiklankan produk atau layanan secara spesifik ke target dengan budget yang disesuaikan.

Iklan online dapat menjangkau audiens dengan tepat sasaran. Caranya ialah dengan mengoptimalkan penggunaan keyword yang relevan. Dengan kata kunci yang relevan, iklan bisa lebih mudah ditemukan dan meningkatkan potensi konversi.

Sesuai dengan namanya, Google Ads memungkinkan bisnis untuk memasang iklan di halaman mesin pencarinya. Iklanmu akan ditampilkan pada bagian teratas halaman hasil pencarian. Tapi pastikan untuk mengoptimalkan keyword dan CTA yang kamu gunakan, agar anggaran iklanmu tidak terbuang sia-sia ya.

  1. SEMRush dan Ahrefs Keyword Generator

Bicara soal kata kunci, bisnis pemula tentu juga harus bisa mengidentifikasi dan melakukan riset dengan tepat. Keyword generator adalah salah satu marketing tools untuk memulai bisnis yang tidak boleh kamu lewatkan. Alat ini berfungsi untuk membantumu menentukan kata kunci yang akan digunakan untuk keperluan pemasaran.

Ada banyak pilihan keyword generator yang tersedia di internet. Beberapa di antaranya bahkan juga menyediakan versi gratis. Contohnya seperti keyword generator dari SEMRush dan Ahrefs. Kedua perusahaan ini menciptakan alat riset keyword yang dilengkapi dengan berbagai metrik analisis.

Melalui metrik yang disediakan ini kamu dapat mengetahui volume pencarian kata kunci tertentu. Semakin tinggi volume maka akan semakin mudah konten atau website-mu untuk ditemukan. Namun, perhatikan juga Keyword Difficulty dari kata kunci untuk mengetahui tingkat persaingannya ya.

  1. Yoast SEO

contoh marketing tools

Masih dalam konteks SEO tools, bagi kamu yang mengelola CMS pastikan untuk mengoptimalkan performanya dengan Yoast.  Ini merupakan plugin atau kode software untuk menentukan fokus kata kunci pada artikel di website.

Dengan menggunakan alat ini, kamu bisa melakukan analisis kinerja SEO pada artikelmu. Yoast dapat mendeteksi bagian-bagian dari artikel dan website yang perlu dioptimalkan. Dengan mengenali celah-celah kekurangannya ini, maka kamu bisa melakukan perbaikan lebih lanjut.

Artikel dan website yang dinilai sudah SEO-friendly akan lebih mudah dikenali oleh mesin pencari. Tentunya, akan lebih banyak pengunjung yang membaca dan mengunjungi website-mu. Dengan begitu, website bisnis dapat menghasilkan lebih banyak traffic sekaligus meningkatkan brand awareness.

  1. HubSpot Marketing

Marketing tools untuk memulai bisnis yang tidak kalah penting adalah content marketing manager. HubSpot Marketing merupakan salah satu alat yang dikenal dengan keandalannya di bidang CRM. Sebagai alat pemasaran online, HubSpot Marketing bisa dibilang memiliki fitur yang sangat lengkap.

Dengan alat ini, kamu bisa mengelola strategi content marketing bisnismu, baik itu di media sosial maupun di website. Di bidang CRM, HubSpot Marketing memiliki keandalan berupa fitur yang dapat mengumpulkan informasi kontak leads.

Kamu dapat menghubungkan HubSpot Marketing dengan email bisnis, sehingga aktivitas pemasaran bisa terpantau dan tercatat secara otomatis. Melalui praktik ini, kamu bisa mengoptimalkan strategi email marketing dengan metode email dan leads tracking.

  1. Hootsuite

Hootsuite adalah alat yang memungkinkan bisnis untuk mengelola kampanye di media sosial. Alat ini menyediakan banyak fitur yang bisa membantumu untuk melakukan penjadwalan dan otomatisasi pengunggahan konten.

Tidak sampai di situ saja, Hootsuite juga bisa digunakan untuk membantu editing konten lho. Dengan mengintegrasikan akun media sosial dengan alat ini, kamu bisa melacak dan menganalisis performa dari setiap konten yang diunggah.

Alat ini cocok digunakan sebagai marketing tools untuk memulai bisnis. Kamu bisa melakukan editing, otomatisasi, sekaligus analisis performa dalam satu platform saja. Dapatkan juga insight terkait topik relevan yang sedang trending, dan gunakan untuk memaksimalkan kinerja kampanye-mu.

  1. Mailchimp

Mailchimp adalah tools yang dapat membantu praktik email marketing. Alat ini dapat membantu mengintegrasikan kampanye atau newsletter secara masif ke ribuan audiens secara otomatis. Bagi pelaku bisnis pemula, hal ini tentu bisa sangat bermanfaat.

Melalui Mailchimp, kamu dapat menyebarkan email, pesan otomatis, atau kampanye digital di lebih dari 300 aplikasi yang telah terintegrasi. Alat ini juga menyediakan hasil analisis dari performa email dan konten yang disebarkan, sehingga kamu bisa memantau dan memastikannya efektif meningkatkan kinerja bisnis.

  1. SociaBuzz

Bagi bisnis yang membutuhkan kerja sama dengan KOL influencer, SociaBuzz adalah marketing tool yang tidak boleh diabaikan. Alat ini dapat membantu kamu untuk memilih dan memeriksa kredibilitas influencer, sebelum mengajaknya untuk bekerja sama.

SociaBuzz menyediakan portofolio dari akun-akun media sosial influencer. Melalui insight yang diberikan ini, kamu bisa melihat jumlah engagements, followers, pengunjung website, dan lainnya.

  1. Unsplash

Apakah kamu masih sering bingung mencari foto profesional untuk kebutuhan konten pemasaran? Unsplash adalah website yang menyediakan berbagai foto profesional, yang bisa digunakan secara gratis.

Kamu bisa menemukan berbagai foto, mulai dari foto makanan, benda, potret alam, bangunan, dan masih banyak lainnya. Tidak perlu khawatir, foto-foto yang disediakan Unsplash ini memiliki kualitas yang tinggi. Jadi, kontenmu bisa terlihat lebih menarik dan profesional.

  1. Canva

Terakhir namun tidak kalah penting, Canva adalah marketing tools yang wajib para pemula bisnis kuasai. Ini merupakan aplikasi desain yang bisa dioperasikan dengan mudah, bahkan oleh awam yang tidak mempunyai latar belakang ilmu desain sekalipun.

Dengan menggunakan Canva, kamu bisa membuat berbagai desain melalui template yang telah disediakan. Kamu bahkan juga dapat menentukan format atau jenis desain yang ingin dibuat. Misalnya seperti desain brosur, poster online, konten media sosial, atau lainnya.

Semua template telah diatur dalam format ukurannya. Selain itu, template juga sudah disesuaikan layout dan tampilan visualnya. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu memasukkan informasi ke template dan menyesuaikan tampilannya sesuai selera.

Itulah tadi 10 rekomendasi marketing tools untuk memulai bisnis. Apakah sudah ada alat yang kamu kenali atau pernah gunakan sebelumnya? Kamu bisa lho mempelajari berbagai alat marketing melalui artikel kami di blog IDwebhost. Baca sebanyaknya secara gratis dan pastikan buat subscribe, biar kamu up to date ya.

Optimalkan strategi marketing kamu dengan performa website yang terbaik. Hosting Unlimited IDwebhost bakal kasih kamu layanan hosting tanpa batas dengan kecepatan maksimal. Website lancar cuan besar, pakai Hosting Unlimited IDwebhost

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022