10 Langkah Optimasi SEO WordPress untuk Pemula Mudah
Blog SEO 10 Langkah Optimasi SEO WordPress untuk Pemula Mudah

10 Langkah Optimasi SEO WordPress untuk Pemula Mudah

Memiliki website yang menarik dengan tampilan yang elegan menjadi keinginan banyak orang, dari tampilan inilah yang akan memanjakan mata para pengunjung saat berselancar pada website tersebut. Namun demikian semenarik apapun jika tidak ada pengunjungnya maka hal ini tidak ada gunanya. Bagi pemilik website pengunjung adalah hal yang paling penting untuk keberlangsungan website itu sendiri. Disini semua orang berlomba-lomba untuk mendapatkan peringkat atas Google atau mesin pencari. Dengan mendapatkan peringkat atas itulah trafik website akan terus meningkat. Namun hal ini tidaklah mudah ada banyak hal yang perlu dilakukan untuk bisa mendapatkan peringkat atas mesin pencari, salah satunya dengan optimasi SEO website. Nah pada kesempatan kali ini IDwebhost akan membahas terkait Optimasi SEO WordPress yang bisa Anda terapan dengan mudah termasuk pemula sekalipun.

Apa itu SEO? Pengertian dan Manfaatnya

Sebelum kita membahas lebih jauh ada baiknya kita terlebih dahulu untuk memahami apa itu SEO. Pengertian SEO atau singkatan dari (Search Engine Optimization) adalah upaya yang dilakukan pemilik website untuk mendapatkan peringkat atas hasil pencarian Google. Dengan mendapatkan peringkat atas pada hasil pencarian maka potensi untuk mendapatkan trafik organik tinggi akan semakin besar.

Dengan menerapkan dan mengoptimasi SEO dengan baik Anda tidak hanya mendapatkan trafik organik yang tinggi namun juga mendapatkan trafik yang tepat juga sesuai dan relevan dengan website Anda. Untuk mengoptimasi SEO website sebenarnya ada banyak cara baik itu SEO On-Page dan juga SEO Off-Page. Nah pada pembahasan kali ini kami akan membahas tentang cara optimasi SEO WordPress. Kenapa WordPress karena platform CMS ini paling populer dan terbaik untuk membuat website atau blog yang didalamnya juga tersedia berbagai tool untuk kebutuhan website Anda salah satunya adalah plugin WordPress.

Berikut 10 Langkah Meningkatkan SEO WordPress.

Instal Plugin SEO WordPress

1. Instal Plugin SEO WordPress

Hal pertama yang perlu dilakukan saat menggunakan WordPress adalah dengan menginstal plugin. Ada banyak jenis plugin yang bisa di instal seperti plugin untuk kecepatan, keamanan, backup, SEO, dan lain sebagainya. Nah untuk plugin SEO WordPress sendiri ada puluhan plugin yang bisa Anda instal seperti:

  • WordPress SEO by Yoast.
  • All in One SEO Pack.
  • The SEO Framework.
  • SEO Squirrly.
  • Broken Link Checker.
  • W3 Total Cache.
  • Google XML Sitemaps.
  • SEO Optimized Image.
  • Dan lain-lain.

Dari sekian banyak plugin SEO Anda bisa menggunakannya dengan gratis sesuai kebutuhan website Anda. Yang paling terkenal dan sering digunakan oleh pemilik website WordPress untuk optimasi SEO mereka adalah WordPress SEO by Yoast dan All in One SEO Pack keduanya berfungsi untuk melakukan optimasi pada konten website Anda dengan mudah. Namun demikian Anda harus memilih salah satu jangan sampai di instal bersamaan karena malah tidak afektif.

Baca juga: Plugin SEO WordPress Yoast Vs All in One, Mana Yang Terbaik?

Lakukan Riset Kata Kunci

2. Lakukan Riset Kata Kunci

Dalam membuat konten hal pertama kali yang perlu dilakukan adalah mencari fokus kata kunci target Anda misalnyajasa pembuatan website. Nah dalam mencari kata kunci ini perlu tool untuk melakukan riset kata kunci tersebut yang nantinya akan menampilkan informasi seperti tingkat persaingan, jumlah pencarian, dan lain sebagainya. Saat ini telah banyak tool gratis yang bisa Anda gunakan untuk membantu mencari dan riset kata kunci seperti KWFinder, SEMRush, Google Keyword Planner, Ahrefs, SEMrush, ubersuggest, dan lain sebagainya. Jika konten Anda menggunakan bahasa indonesia maka kami sarankan untuk menggunakan Google Keyword Planner atau Ahrefs.

Tentukan Kata Kunci Postingan

3.Tentukan Kata Kunci Postingan

Setelah Anda menemukan kata kunci atau keyword yang Anda cari dari hasil riset tadi selanjutnya adalah memasukkannya pada postingan. Untuk meletakkan tidak boleh sembarangan harus mengikuti alur pembahasan atau tidak boleh spam kata kunci karena akan merusak konten postingan Anda. Dalam meletakkan kata kunci ini harus human friendly dan search engine friendly artinya baik pengunjung maupun mesin pencari dapat memahami isi postingan Anda.

Untuk mempermudah pembuatan konten kami sarankan untuk menggunakan plugin WordPress SEO by Yoast yang akan mempermudah dalam optimasi SEO WordPress Anda. Dengan plugin ini maka sistem akan menyarankan untuk Anda jika ada bagian konten yang belum optimal.

Optimalkan Permalink

4. Optimalkan Permalink

Saat awal Anda menginstal WordPress maka Anda akan mendapatkan setingan yang otomatis default termasuk pada bagian permalink ini. https://idwebhost.com/2021/08/21/judul-postingan. Nah dari permalink di atas sekilas terlihat terlalu panjang maka ada baiknya untuk mengubahnya menjadi lebih pendek https://idwebhost.com/judul-postingan permalink yang disukai oleh mesin pencari Google adalah yang mengandung judul dan juga keyword. Anda bisa mengaturnya pada bagian menu Settings > Permalinks.

Tentukan Meta Description

5. Tentukan Meta Description

Jika Anda melakukan pencarian di Google maka pada hasil pencarian akan ditampilkan judul, deskripsi, dan lain sebagainya. Nah meta description ini biasanya terletak pada bagian bawah judul pada hasil pencarian. Meskipun bukan sebagai penentu peringkat pencarian namun meta deskripsi ini akan mempengaruhi CTR website Anda. Untuk membuat meta deskripsi dengan mudah Anda bisa menggunakan plugin WordPress SEO by Yoast.

Gunakan Tag Header (H1, H2, H3)

6. Gunakan Tag Header (H1, H2, H3)

Google crawler akan mengecek keseluruhan dari konten Anda termasuk tag header HTML seperti H1, H2, H3 dan seterusnya yang bertujuan untuk memastikan relevansi konten Anda. Untuk H1 adalah bagian judul artikel, H2 subjudul, dan seterusnya, Anda bisa mengisi keyword dan keyword turunan pada sub-sub judul tersebut. Namun yang paling penting konten tetap bisa dipahami karena pembaca adalah manusia, jadi upayakan tetap human friendly.

Beri nama pada file gambar yang mengandung keyword

7. Beri nama pada file gambar yang mengandung keyword

Saat Anda mau menyisipkan gambar pada konten postingan maka ada baiknya untuk merename atau memberikan nama pada gambar tersebut dengan kata kunci yang relevan. Misalnya nama gambar Anda awalnya adalah Capture.PNG maka gantilah menjadi Optimasi SEO WordPress.PNG atau Optimasi-SEO-WordPress.PNG. Penggunaan strip disini bertujuan agar Google bisa membaca sebagai dua kata.

Optimasi gambar

8. Optimasi gambar

Menyisipkan gambar adalah salah satu cara untuk memperkaya konten Anda tentunya juga bisa meningkatkan SEO konten tersebut. Saat memasukkan gambar pada artikel akan diminta untuk memasukkan Tag ALT yang berfungsi untuk menentukan seberapa relevansi gambar dengan artikel. Ada tiga komponen yang bisa digunakan untuk optimasi gambar yaitu Image Title Text, Alt Text, dan Nama File. Untuk lebih SEO maka usahakan untuk menyisipkan kata kunci pada ketiga komponen tersebut.

Tambahkan keyword di Paragraf pertama

9. Tambahkan keyword di Paragraf pertama

Saat mesin pencari Google melakukan perayapan maka yang pertama dirayapi adalah dimulai dari paragraf pertama. Artinya dengan menambahkan keyword pada paragraf pertama mesin pencari akan lebih cepat memindai artikel dan menentukan kata kunci target dari artikel tersebut. Nah jika Anda menggunakan plugin WordPress SEO by Yoast maka Ada indikator untuk memasukkan keyword pada paragraf pertama jika tidak maka indikator akan berwarna merah.

Tambahkan internal dan eksternal link

10. Tambahkan internal dan eksternal link

Untuk meningkatkan SEO pada konten perlu menyisipkan atau menambahkan internal dan eksternal link yang mengarah pada website lain dan juga mengarah pada website Anda sendiri. Fungsi dari link-link ini adalah membentuk pola yang saling terkoneksi dengan artikel relevan lainnya. Untuk jumlah link yang bisa Anda tambahkan tergantung dari jumlah kata misalnya Anda membuat artikel 500 kata maka And bisa menyisipkan 3-5 link pada artikel tersebut. Namun jika jumlah kata pada artikel Anda di atas 1000 kata Anda bisa menyisipkan link lebih banyak sesuai porsi artikel.

Kesimpulannya adalah untuk bisa memaksimalkan performa SEO WordPress sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan. Dari sepuluh langkah di atas sebenarnya bagian pokok yang perlu di optimasi selebihnya mungkin ada optimasi-optimasi yang lain dari kecepatan loading website dan lain sebagainya. Nah cukup sekian pembahasan kali ini tentang optimasi SEO WordPress dari kami, mudah-mudahan memberikan informasi yang bermanfaat untuk sahabat IDwebhost. Sampai jumpa salam sukses untuk kita semua.