10 Langkah Memulai Bisnis Online Saat Pandemi Covid-19
Blog Bisnis Online 10 Langkah Memulai Bisnis Online Saat Pandemi Covid-19

10 Langkah Memulai Bisnis Online Saat Pandemi Covid-19

Saat ini memang semua harus dikerjakan dengan serba keterbatasan dan dibatasi karena masih terjadinya pandemi Covid-19 yang melanda di seluruh dunia. Semua bidang terkena dampak dari pendidikan, jasa transportasi, usaha kuliner dan lain sebagainya semua merasakan dampak yang signifikan dari adanya pandemi Covid-19 saat ini. Namun demikian saat semua bidang terkena dampak namuk kita harus bisa menyikapi dan melihat bahwa masih ada peluang yang bisa kita ambil terutama bisnis online. Ya benar mengambil bisnis online memang langkah yang paling tepat saat pandemi seperti ini untuk bisa mendapatkan uang tambahan ataupun penghasilan.

Kita ketahui saat ini setelah pandemi yang terus meluas telah banyak karyawan yang mengalami hal yang tidak diinginkan seperti pemotongan gaji sampai pemberhentian sementara. Nah jika Anda khawatir dampak pandemi Covid-19 ini berdampak pada Anda maka dari artikel ini Anda bisa mengambil inspirasi atau ide untuk segera memulai usaha atau bisnis online sekarang juga. Sebenarnya jika berbicara bisnis online memang tidak akan ada matinya bahkan akan terus semakin berkembang. Anda bisa memilih usaha yang bisa dikerjakan dari mulai menjual produk atau jasa, makanan dan masih banyak lagi.

Nah dari sini kita tahu begitu besar peluang yang mungkin akan Anda dapatkan kedepannya saat telah memulai bisnis online ini. Untuk itu mari sedikit mengupas tuntas strategi bisnis online bersama IDwebhost dan dapatkan keuntungan yang besar dari bisnis online pandemi Covid-19 ini.

Langkah tepat sukses mendapatkan penghasilan dari bisnis online:

Siapkan Tujuan dan Strategi Bisnis yang akan Kamu Capai!

1. Siapkan Tujuan dan Strategi Bisnis yang akan Kamu Capai!

Langkah pertama yang perlu diperhatikan pastinya menentukan tujuan dan strategi apa yang nantinya akan mempermudah dalam memulai bisnis online ini. Tentunya untuk menghindari kemungkinan-kemungkinan terjadi kerugian pasti untuk memulai harus ada pertimbangan dan strategi yang akan dikembangkan terlebih dahulu. Tujuan bisnis online tentunya ingin berjalan sebaik mungkin dengan jangka panjang.

Kemudian strategi pemasaran juga tak luput dari perhatian karena memang baik itu bisnis online maupun bisnis offline harus memiliki strategi pemasaran yang baik. Dengan strategi yang baik dan tepat nantinya penjualan dari produk atau jasa yang Anda tawarkan akan bisa semakin dimaksimalkan.

Jualan Online Toko online

2. Buat Toko Online dan Dapatkan Peringkat Pertama Pencarian

Bisnis online akan semakin menguntungkan jika Anda juga memiliki sebuah website. Ya benar website memang bermanfaat dan berguna untuk banyak hal termasuk bisnis. Anda dapat mengkolaborasikan berbagai platform seperti media sosial, marketplace dan lain sebagainya untuk menunjang bisnis online Anda. Jika website Anda bisa mendapatkan peringkat atas pencarian Google sudah dipastikan pelanggan atau konsumen Anda pun semakin meningkat.

Cara Membuat Toko Online dengan Mudah

Yang pertama adalah membeli domain dan hosting terbaik, domain sebagai alamat website Anda dan hosting sebagai tempat penyimpanan file data atau semua kebutuhan website Anda seperti gambar dan lain sebagainya. Untuk membeli domain dan hosting murah dengan kualitas terbaik di Indonesia silahkan kunjungi IDwebhost.com kemudian pilih paket yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk instalasi website dengan platform CMS sangat mudah Anda bisa baca artikel berikut Cara Install Prestashop di cPanel Menggunakan Softaculous.

Jika Anda tidak mau repot-repot untuk membuat toko online silahkan kunjungi  Jejualan.com jasa pembuatan toko online terbaik no 1 di Indonesia. Di situs tersebut Anda bisa mendapatkan layanan jasa pembuatan toko online yang akan memudahkan Anda untuk memiliki website toko online hingga siapa pakai.

Setelah memiliki website toko online maka untuk bisa mendapatkan peringkat atas Google search maka Anda bisa melakukan optimasi SEO pada website Anda. Namun jika belum memahami penerapan SEO untuk mendapatkan peringkat satu pencarian maka ada baiknya untuk menyewa jasa optimasi SEO. Memang terlihat agak panjang prosesnya namun website memiliki manfaat dan keuntungan jangka panjang oleh karenanya tidak boleh terlewatkan untuk mencapai kesuksesan bisnis online Anda.

Kenali Produk Anda terlebih dahulu

3. Kenali Produk Anda terlebih dahulu

Mengenal terlebih dahulu produk atau jasa yang Anda miliki memang diperlukan. Karena nantinya akan memudahkan Anda untuk bisa memasarkan produk dan menawarkan kelebihan dan keunikan dari produk Anda kepada konsumen. Kemudian Anda akan lebih mudah untuk memberikan informasi detail dari produk atau jasa yang Anda tawarkan memiliki kelebihan dibanding produk sejenis dari kompetitor Anda.

Manfaatkan Sosial Media dan Marketplace

4. Manfaatkan Sosial Media dan Marketplace

Karena ini merupakan bisnis online maka semua kegiatan transaksi dengan pembeli atau konsumen dilakukan dengan internet atau online juga. Kita mengetahui bahwa media sosial adalah platform yang memiliki pengguna besar. Oleh karenanya dalam bisnis online media sosial akan sangat berguna dalam interaksi dengan konsumen. Kemudian dari marketplace yang sudah ada seperti shopee, lazada, tokopedia, blibli dan lain sebagainya Anda dapat memanfaatkannya untuk menjual produk Anda, tentu saja dengan mengkolaborasikan dengan website seperti poin di atas untuk bisa menjangkau konsumen secara luas.

Membuat Content Marketing yang Menarik dan Unik!

5. Membuat Content Marketing yang Menarik dan Unik!

Untuk menarik calon konsumen sehingga memutuskan memilih produk atau jasa Anda konten yang menarik adalah kuncinya. Tidak bisa dipungkiri lagi konten adalah salah satu cara untuk menarik follower hingga mereka tertarik dan memilih produk atau jasa yang Anda tawarkan. Membuat konten ini ada banyak jenisnya dari video, artikel, banner dan lain sebagainya. Anda bisa membuat artikel yang berisi pembahasan produk atau jasa Anda dan mempostingnya di website yang telah Anda miliki seperti poin dua diatas. Dan juga share juga di media sosial pasti akan membuat citra produk Anda semakin baik.

Anda tidak punya waktu untuk membuat konten? Saat ini ada banyak yang menawarkan jasa pembuatan konten untuk mengisi website Anda. Tentunya dengan mencari pembuat konten terbaik untuk branding produk atau jasa Anda nantinya.

Optimalkan Word of Mouth Untuk Jaringan dan Relasi

6. Optimalkan Word of Mouth Untuk Jaringan dan Relasi

Dalam sebuah bisnis tentunya dari jaringan dan relasi yang besar dan baik akan membantu memperluas jangkauan bisnis Anda. Begitu juga dengan bisnis online semakin banyak jaringan dan relasi kesempatan untuk mendapatkan pelanggan dan konsumen pun akan semakin besar. Untuk memulainya bisa dari keluarga, lingkungan, hingga yang luas dengan memanfaatkan media sosial juga bisa. Untuk lingkup yang sederhana Anda bisa menjadi sponsor suatu kegiatan kemasyarakatan di sekitar lingkungan dan seterusnya.

Memaksimalkan Iklan Google Ads atau Facebook Ads

7. Memaksimalkan Iklan Google Ads atau Facebook Ads

Strategi bisnis online berikutnya adalah menggunakan media periklanan. Sebenarnya saat ini telah banyak penyedia ads namun yang terbaik adalah Google ads dan Facebook ads keduanya memang tak terpungkiri memiliki pengguna yang sangat besar. Dengan memasang iklan Anda bisa menjangkau calon pelanggan dengan cepat dan luas.

Buatlah Packaging yang Menarik dan Tidak Mudah Rusak

8. Buatlah Packaging yang Menarik dan Tidak Mudah Rusak

Setelah Anda mendapatkan pelanggan tentu saja tugas selanjutnya adalah mengirimkan barang yang telah dibeli oleh pelanggan. Pada bagian ini memastikan barang aman sampai ke tangan pembeli adalah keharusan dengan packing yang baik. Apa jadinya jika barang sampai dengan rusak pasti pelanggan atau konsumen akan merasa kecewa dan memberi rating bintang yang jelek. Namun sebaliknya jika barang yang diterima dalam keadaan baik maka konsumen akan memberikan rating baik dan toko online Anda akan memiliki rating baik juga.

Mengadakan Promo Menarik

9. Mengadakan Promo Menarik

Kita tahu bahwa marketplace sering mengadakan promo gratis ongkir sehingga membuat pembeli semakin tertarik untuk mendapatkan barang yang diinginkan. Anda pun juga tidak boleh ketinggalan untuk mengadakan promo menarik karena pelanggan akan semakin senang sudah gratis ongkir produk ada promo juga. Selain itu pelanggan setia akan lebih memilih toko online Anda dari pada toko online pesaing Anda.

Menawarkan Produk dengan Sistem Bundling

10. Menawarkan Produk dengan Sistem Bundling

Sistem bundling ini akan terkesan lebih efektif dan ekonomis karena jika di jual satuan akan terlihat lebih mahal. Namun jika menggunakan sistem bundling dengan menggabungkan produk A dan produk B dengan harga yang menarik konsumen pun juga akan melihat produk yang Anda tawarkan akan terlihat lebih menarik dibandingkan satuan.

Bersama IDwebhost sistem penjualan manual Anda sekarang sudah berkembang ke bisnis online. Dengan demikian bisnis online Anda saat pandemi Covid-19 akan semakin berkembang dengan jangkauan yang lebih luas.